Berita InfoBiologi

Menjaga Kesehatan Organ Hati

Menjaga Kesehatan Organ Hati

Menjaga Kesehatan Organ Hati
Menjaga Kesehatan Organ Hati

Menjaga kesehatan organ hati Anda sangatlah penting karena di hati semua racun yang masuk ke tubuh akan dinetralisir. Ada beberapa jenis makanan yang harus anda perhatikan kandungannya sebelum memakannya. Karena makanan-makanan tersebut bisa merusak organ hati Anda. Makanan dan minuman yang bisa membahayakan kesehatan organ hati Anda diantaranya :

1. Lemak ekstra

Lemak ekstra bisa tercipta di sel hati dan mengakibatkan Non-Alcoholic Fatty Liver Disease atau NAFLD.  NAFLD adalah gambaran/spektrum kelainan organ hati dengan gambaran/ spektrum yang khas berbentuk perlemakan (steatosis macrovesicular) yang timbul di pasien yang tidak minum alkohol sejumlah yang diasumsikan berbahaya untuk organ hati (tidak lebih dari 20 gr etanol tiap minggu).

Karenanya organ hati Anda jadi membengkak. Dan sejalan dengan waktu, organ hati Anda bisa mengeras dan terbentuk jaringan parut di organ hati (Sirosis). Kemungkinan Anda terkena NAFLD lebih besar jika berat badan Anda terlalu berlebihan alias obesitas, berumur separuh baya atau punya penyakit diabetes.

Baca juga :  Macam Macam dari Jenis Hewan Invertebrata

2. Alkohol

Minum alkohol kebanyakan tidak baik untuk organ hati Anda. Tetapi Anda kemungkinan tidak sadar bahwa sifat alkohol adalah candu. Sekali diminum sedikit saja, bakal ingin menambah lagi. Kontrol diri sangat diperlukan dalam kasus ini.

3 .Gula

Kebanyakan mengkonsumsi gula, bukan hanya tidak baik untuk kesehatan gigi, tetapi dapat juga membahayakan hati. Pemumpukan banyak lemak yang akan mengakibatkan penyakit organ hati dikarenakan kebanyakan mengkonsumsi sirup jagung dan gula halus yang tinggi fruktosanya. Riset studi memperlihatkan bahwa kebanyakan konsumsi gula bisa merusak organ hati serupa dengan alkohol, walaupun berat badan Anda normal. Batasi makan makanan yang mengandung banyak gula seperti permen, kue-kue dan soda.

4. Suplemen Herbal

Gagal Hati dan Hepatitis bisa disebabkan oleh kebanyakan minum ramuan yang disebut kava. Kava baik digunakan untuk membantu mereka rileks atau untuk gejala menopause. Dan riset menunjukkan bahwa ramuan tersebut bisa membuat hati tidak bekerja sebagaimana mestinya yang akhirnya mengakibatkan hepatitis dan gagal hati. Di USA masih boleh beredar, tapi sejumlah negara sudah melarang dan membatasi peredaran rempah-rempah. Bicarakan bersama dokter Anda, sebelum  memastikan obat herbal yang tepat untuk dikonsumsi.

Baca juga :  Pengertian Aliran Energi dalam Ekosistem dan Daur Biogeokimia

5. Minuman ringan

Riset penelitian kesehatan mengumumkan bahwa manusia yang meminum minuman ringan yang banyak, lebih rentan terkena NAFLD.

6. Kebanyakan Vit A dari suplemen
Vitamin A untuk tubuh kita yang didapatkan dari buah-buahan atau sayur-sayuran akan lebih baik dari pada Vitamin A yang didapat dari mengkonsumsi suplemen. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum salah mengambil langkah.
7. Lemak trans
Lemak trans yaitu lemak tak jenuh yang biasa ditemukan di alam namun bisa disintesis secara buatan oleh manusia. Mengkonsumsi lemak trans selain bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, juga bisa menyebabkan kerusakan organ liver Anda.
Yang terbaik adalah mencegah dengan cara menjaga kesehatan hati dan ginjal yaitu dengan makan makanan untuk memperbaiki fungsi hati dan ginjal berupa vitamin dari buah untuk kesehatan hati Anda.
Tags

Artikel Penting :

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close